everything of me











{March 6, 2010}   Heat Transfer

Heat Transfer adalah perpindahan / transfer energi termal (energi dalam bentuk panas) dari suatu object yang lebih panas ke object lain atau lingkungan yang lebih sejuk sehingga mencapai suatu kesetimbangan termal.  Perpindahan panas dari suhu yang lebih tinggi ke suhu yang lebih rendah disebut pula dengan hukum termodinamika 2. Ada 3 jenis model perpindahan panas ;

1. Perpindahan panas secara konduksi

Konduksi adalah serah-terima panas oleh kontak langsung partikel zat.  Panas dipindahkan oleh konduksi kalau atom berdampingan bergetar melawan satu sama lain, atau sewaktu elektron pindah dari satu atom ke lain. Konduksi lebih luar biasa di makanan padat, di mana jaringan relatif tertentu spacial hubungan atom menolong untuk memindahkan tenaga di antara mereka oleh getaran.

2. Perpindahan panas secara konveksi

Konveksi adalah serah-terima tenaga termal oleh gerak-gerik molekul dari satu bagian bahan kepada lain. Terdapat 2 jenis perpindahan panas secara konveksi ini :

* Natural Convection: ialah kalau gerakan berubah-ubah disebabkan oleh angkatan perang daya apung yang adalah akibatnya dari density variasi karena variasi suhu di cairan. Misalnya di ketiadaan seorang sumber eksternal, kalau banyak cairan di kontak dengan permukaan panas molekulnya memisahkan dan berhamburan membuat banyak cairan menjadi lebih tidak tak padat. Kalau ini terjadi, cairan digantikan secara vertikal atau horisontal sedangkan cairan yang lebih sejuk jadi lebih padat dan cairan tenggelam. Dengan begitu volume yang lebih panas memindahkan panas ke arah volume cairan itu yang lebih sejuk.

* Forced Convection: ialah waktu cairan terpaksa untuk mengalir ke seberang permukaan oleh eksternal sumber seperti penggemar dan pompa. Membuat arus konveksi yang terhalangi secara artifisial.

3. Perpindahan panas secara radiasi

Radiasi adalah serah-terima tenaga panas lewat angkasa kosong. Semua benda dengan suhu diatas nol absolut memancarkan tenaga di laju setara ke mereka emissivity berbiak oleh laju di tenaga yang mana akan menyebar dari mereka jika mereka menjadi setelah badan hitam. Tak ada medium perlu untuk radiasi untuk terjadi, karena dipindahkan lewat gelombang elektromagnetik; radiasi berjalan malah di dan lewat kevakuman sempurna. Tenaga dari perjalanan matahari lewat kevakuman angkasa sebelum menghangatkan tanah. Baik reflectivity maupun emissivity semua badan ialah panjang gelombang tergantung. Suhu menentukan distribusi panjang gelombang radiasi elektromagnetik seterbatas di intensitas oleh undang-undang Plancks radiasi badan hitam. Di. Untuk badan yang mana pun reflectivity bergantung pada distribusi panjang gelombang radiasi elektromagnetik yang masuk dan oleh karena itu suhu sumber radiasi. Emissivity bergantung pada distribusi panjang gelombang dan oleh karena itu suhu badan sendiri.

for more information about heat transfer, u can download heat transfer textbook by this website .

http://artikel-software.com/blog/2006/10/08/heat-transfer-text-book/

download : pdf1



Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

et cetera
%d bloggers like this: